"Ya Allah bereskanlah agamaku yang mana agama itu menjadi pokok urusan bagiku. Bereskan urusan duniaku yang menjadi tempat hidupku. Dan bereskanlah pula urusan akhiratku yang mana akhirat itu tempat negri kembaliku. Jadikan hidupku itu hanya untuk menambah kebaikan. Dan jadikan pula kematian bagiku hanya tempat untuk istirahat dari berbuat jahat"

Sabtu, 28 Februari 2015

Berubah atau kah Mengubah ?

Sudah seharusnya bisa mengubah seiring jalan berubah. Mengubah bukan dengan cara paksa melainkan saling mengingatkan. Karena diri juga harus terus berubah menuju yang terbaik. Maka mengubah pun pasti akan berkesinambungan. Tak mudah mengubah yang disekitar tanpa ada perubahn dari diri sendiri. Tak kan terekam dalam nyata jika tanpa teladan pasti. Teladan, menjadi figur yang bisa mengubah dan juga membuat berubah.

Adakah buktinya ? Sangat banyak. Kita lihat dari teladan utama kita umat islam Nabi Muhammad saw.
Nabi adalah panutan bahkan segala tingkah lakunya menjadi contoh utama bagi kita umat islam. Kita baca buku tentang Nabi karena kita ingin tahu dan mengikuti segala akhlak beliau. Yang mana hal tersebut akan membuat kita berubah dan juga mengubah. Ya, tentunya berubah dan mengubah dalam hal kebaikan. Jangan sampe hal sebaliknya yang terjadi. Na'uzubillah...

Tak lepas dalam hal berubah dan mengubah adalah waktu. Ia sang waktu yang akan membersamai selalu. Waktu yang akan menjadi saksi setiap detail perubahan yang terjadi. Dan pada akhirnya waktu jugalah yang mengatakan sampai mana kita telah mengubah dan berubah. Pada akhirnya yang berbicara, ya akhir yang berbicara. Akhir yang membuktikan, akhir yang menyatakan. Akhir yang tak pernah kita ketahui sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar